Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta Menarik Tentang Tomat

|| || , || Leave a komentar

Fakta Menarik Tentang Tomat

Fakta Menarik Tentang Tomat - Tomat adalah tanaman yang milik keluarga nightshade. Ada 13 spesies tomat liar di dunia dan lebih dari 3000 varietas dibuat melalui pembiakan selektif. Mereka berbeda dalam ukuran, bentuk, warna dan rasa. Tomat berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Hal ini dapat ditemukan di seluruh dunia saat ini karena merupakan bagian penting dari diet manusia. Liar tomat biasanya hidup di daerah tropis. Baru diproduksi varietas tomat dapat bertahan hidup di luar ruangan, di daerah beriklim sedang. Selain itu, tomat juga sering dibudidayakan di rumah kaca.

Fakta Menarik Tentang Tomat

  1. Ukuran tomat tergantung pada spesies. Tomat terkecil memiliki 0,4-0,8 inci, tomat besar memiliki 4 inci, sedangkan sebagian besar tomat yang dibudidayakan memiliki 2-2,4 inci diameter.
  2. Terberat yang pernah tercatat tomat memiliki 7 kilogram dan 12 ons berat. Terpanjang yang pernah tercatat tomat memiliki 65 meter panjangnya.
  3. Sebagian besar spesies tomat populer adalah merah. Tomat dibudidayakan juga bisa kuning, oranye, merah muda, hijau, hitam atau berwarna putih.
  4. Tomat tumbuh seperti pohon anggur. Stem ditutupi dengan rambut halus yang memfasilitasi ikatan dengan tanah atau substrat.
  5. Daun tomat biasanya 4 sampai 10 inci panjang dan dibagi dalam 5 sampai 9 selebaran.
  6. Meskipun sebagian besar orang percaya bahwa tomat termasuk dalam kelompok sayuran, tanaman ini benar-benar milik kelompok buah-buahan. Buah tomat disebut berry.
  7. Nama ilmiah untuk tomat adalah Lycopersicon lycopersicum. Ini berarti "serigala peach".
  8. Tomat mengandung lycopene (kimia yang termasuk dalam kelompok karotenoid) yang dapat mencegah perkembangan beberapa jenis kanker. Selain itu, tomat memiliki efek menguntungkan pada jantung, tekanan darah, kadar kolesterol dan pandangan mata.
  9. Batang, daun dan hijau (mentah) buah mengandung alkaloid yang disebut tomatine yang dapat menyebabkan keracunan.
  10. Tomat matang adalah bagian yang aman dan sangat dianjurkan buah karena mengandung tingkat tinggi mineral dan vitamin. Tomat dapat dikonsumsi mentah, dalam bentuk sup, jus atau sebagai saus tomat.
  11. Sekitar 150 juta ton tomat yang dihasilkan setiap tahunnya. Produsen terbesar tomat di dunia adalah China.
  12. Tomat kaya akan asam yang dapat menghilangkan bau yang dikeluarkan oleh sigung. Asam ini juga dapat menjadi bagian dari berbagai lotion dan produk higienis yang digunakan untuk membersihkan benda tubuh dan berbagai di rumah.
  13. Tomat dipanen mentah untuk mencegah membusuk dan untuk memastikan rak lagi-hidup. Pada awal '90, para ilmuwan dibuat rekayasa genetika tomat yang dapat tetap jangka segar waktu.
  14. Tomat di alam liar diserbuki oleh serangga seperti lebah halictid. Varietas berbudaya tomat dapat menyerbuk sendiri. Beberapa dari mereka yang diserbuki oleh bantuan angin buatan dan oleh lebah berbudaya.
  15. Tomat liar adalah tanaman tahunan (ia hidup lebih dari dua tahun). Dibudidayakan tomat tanaman tahunan (itu hidup satu tahun).

Fakta Menarik Tentang Tomat

/[ 0 komentar Untuk Artikel Fakta Menarik Tentang Tomat]\

Posting Komentar