Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta Menarik Tentang Anggrek

|| || || Leave a komentar

Fakta Menarik Tentang Anggrek

Fakta Menarik Tentang Anggrek - Anggrek adalah salah satu kelompok terbesar dan paling beragam tanaman. Sejauh ini, lebih dari 25 000 spesies anggrek telah dijelaskan. Setiap tahun, para peneliti menemukan ratusan spesies baru. Selain sejumlah besar anggrek di alam liar, 100 000 varietas anggrek yang diciptakan secara artifisial, melalui pembiakan selektif. Anggrek dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka dapat bertahan hidup dalam berbagai jenis habitat, bahkan dekat dengan Lingkaran Arktik. Sebagian besar spesies anggrek hidup di hutan hujan tropis, di iklim hangat dan lembab. Sayangnya, 10% dari semua spesies anggrek yang hampir punah karena semakin populernya budidaya anggrek.

Fakta Menarik Tentang Anggrek

  1. Ukuran anggrek tergantung pada spesies. Mereka bisa menjadi kecil sebagai sen atau sangat besar, dengan berat beberapa ratus kilogram.
  2. Anggrek dapat memiliki bunga tunggal atau perbungaan racemose. Setiap bunga simetris bilateral, yang berarti bahwa hal itu dapat dibagi dalam dua bagian yang sama.
  3. Ukuran, bentuk dan tekstur daun tergantung pada habitat. Anggrek yang hidup di iklim kering memiliki daun tebal ditutupi dengan lilin, sedangkan spesies yang hidup di daerah yang hangat dan lembab memiliki tipis, daun memanjang. Beberapa spesies anggrek tidak memiliki daun sama sekali.
  4. Anggrek tidak memiliki akar klasik. Mereka memiliki rimpang, umbi atau akar udara.
  5. Anggrek dapat hidup di tanah (bentuk terestrial), yang melekat pada berkayu tanaman (jenis epifit) atau di bawah tanah.
  6. Beberapa spesies anggrek yang parasit. Mereka tidak mampu menghasilkan makanan (gula) dengan menggunakan sinar matahari dan karbon dioksida (seperti tanaman lain). Sebaliknya, mereka mendapatkan makanan dari jamur yang hidup di dalam akar mereka.
  7. Ikatan antara anggrek dan spesies tertentu serangga ketat dan sangat khusus. Kelopak memiliki bentuk dan warna seperti serangga betina serupa untuk menarik laki-laki dan memastikan penyerbukan.
  8. Karena spesialisasi tinggi penyerbukan, kepunahan serangga berarti kepunahan anggrek (tidak ada orang lain yang bisa menyerbuki di alam liar).
  9. Bunga anggrek dapat bertahan dari beberapa jam sampai 6 bulan, tergantung pada spesies.
  10. Anggrek menghasilkan beberapa juta benih miniatur. Hanya beberapa biji akan berkembang menjadi tanaman dewasa.
  11. Benih anggrek tidak memiliki endosperm yang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkecambahan. Karena itu, semua anggrek (termasuk bentuk non parasit) hidup dalam simbiosis dengan jamur selama perkecambahan. Perkecambahan dapat berlangsung dari beberapa minggu sampai 15 tahun.
  12. Orang menggunakan anggrek untuk berbagai keperluan. Zat diisolasi dari anggrek yang digunakan dalam industri parfum, rempah-rempah dan obat-obatan tradisional Asia.
  13. Vanilla adalah salah satu rasa yang paling dikenal dan banyak digunakan. Hal ini diekstrak dari pod Vanilla planifolia, yang merupakan jenis anggrek.
  14. Anggrek merupakan tanaman yang sangat tua. Menurut bukti-bukti fosil, anggrek ada di planet sekitar 100 juta tahun.
  15. Umur anggrek tergantung pada spesies. Spesies tertentu dapat bertahan hingga 100 tahun. 

Fakta Menarik Tentang Anggrek

/[ 0 komentar Untuk Artikel Fakta Menarik Tentang Anggrek]\

Posting Komentar